Mencintai Bumi dengan Mengonsumsi Nasi Lengko

16 May 2012

Berkunjung ke Cirebon belum lengkap tanpa mencicipi salah satu kekayaan kuliner khasnya yaitu Nasi Lengko (’e’ pada ‘Lengko’ diucapkan seperti ‘e’ pada kata ‘ember’). Nasi Lengko sendiri tidak jauh berbeda dari nasi campur kebanyakan yang biasa terdapat di daerah lain. Nah, yang membedakan adalah Nasi Lengko aman bagi kaum vegetarian! Tidak ada unsur hewani terdapat dalam Nasi Lengko, jadi Anda tidak akan dituduh turut menyumbang jejak karbon bagi global warming, kan? :))

Bahan-bahan yang terdapat dalam Nasi Lengko adalah sebagai berikut: Nasi (tentu saja), tempe, tahu, daun kucai, timun, toge rebus, sambal kacang, bawang goreng, dan kecap manis, sederhana bukan? Cara penyajiannya, nasi ditaruh di piring, ditambahkan cacahan tempe, tahu, daun kucai, timun, lalu ditambahkan toge rebus dan disiram sambal kacang dan kecap manis. Tak lupa ditaburkan bawang goreng.

Yang membuat khas Nasi Lengko adalah konon dulunya Nasi Lengko disajikan di atas daun jati seperti Nasi Jamblang, dan juga taburan bawang goreng yang menguarkan aroma harum yang khas. Penjual Nasi Lengko mudah ditemukan di setiap penjuru wilayah Cirebon, cocok untuk sarapan, makan siang, maupun makan malam.

Jadi, jika berkesempatan untuk mengunjungi Cirebon, jangan lupa mencicipi Nasi Lengko yang ramah lingkungan ini.

Nasi Lengko


TAGS


-

Author

Follow Me