Man Jadda Wajada!

18 Feb 2012

Saya membaca bukunya kurang lebih setahun lalu. Kata-kata sakti “man jadda wajada”, yang artinya siapa yang bersungguh-sungguh, akan berhasil. Dalam bukunya diceritakan bagaimana seorang Alif yang berkeinginan melanjutkan SMA di Bandung (lalu masuk ITB), malah disuruh masuk pesantren sesuai keinginan orangtuanya yang ingin Alif menjadi ulama intelektual seperti Mohammad Hatta atau Buya Hamka. Alif pun terpaksa mengikuti keinginan mereka, setelah dibujuk oleh ayahnya dengan perkataan semcam “kalau gak dicoba, mana bisa tau?”. Jadilah Alif bertumbuh dewasa dan mengembangkan diri di Pondok Madani, bersahabat dengan lima anak dari daerah lainnya, dan akhirnya terwujudkanlah mimpi mereka selama ini, pergi ke luar negeri. Saya nggak mau banyak cerita soal bukunya (baca aja sendiri ya kalau belum), karena di sini saya akan memberikan ulasan tentang filmnya. Here we go…

Negeri 5 Menara

Cerita:
Bagian-bagian penting di bukunya hampir terangkum semua di sini, cerita awal dari proses perginya Alif dari Agam sampai Ponorogo (tapi keindahan alam tempat asal Alif tidak dijelaskan detail), terbentuknya ’shahibul menara’, jalan-jalan ke Bandung (di bagian ini lebih mengasyikkan dari bukunya), perginya Baso dari Pondok Madani, dan klimaks dari cerita ini yaitu pertunjukan seni Ibnu Battuta.
Seperti bukunya, ending dari film ini juga sangat singkat, kurang greget gimana gituh, but that’s fine I think. Dan beberapa adegan juga disesuaikan agar lebih menarik untuk diangkat dalam film (contoh adegan pengantaran biang es).

Setting:
Bersetting tahun 80an, film ini berhasil menyajikan suasana 80an. Saya kagum saat jalanan di Bandung dipenuhi mobil-mobil lawas, juga tone warna yang digunakan mendukung kelawasan setting film ini.

Make-up dan wardrobe:
Tidak bisa dipungkiri, semua yang ada di sini jadi dekil! Andhika Pratama yang kulitnya seperti bule itu, jadi item dan dekil (tapi tetep cute). Apalagi pemeran shahibul menara, beda jauh ma aslinya!

Shahibul Menara

Cast Shahibul Menara

Cuma Lulu Tobing aja yang terlihat cantik walau agak dekil di sini.

Cast:
Pemeran Shahibul Menara di film ini didapat dari proses casting, mereka sebelumnya tidak begitu terkenal. Akting yang saya sukai di film ini adalah akting dari Rizki Ramdani, Andhika Pratama, dan Lulu Tobing. Ikang Fauzi terlalu eksentrik dalam membawakan peran sebagai Kyai Rais (sesuaibayangan saya di novelnya). Berikut ini cast lengkapnya.

Alif - Gazza Zubizareta
Baso - Billy Sandy
Said - Ernest Samudera
Atang - Rizki Ramdani
Raja - Jiofani Lubis
Dulmajid - Aris Putra
Kyai Rais - Ikang Fawzi
Ustad Salman - Donny Alamsyah
Ustad Tariq - Rangga Djoned
Iskandar - Mario Irwinsyah
Fahmi - Andhika Pratama
Ayah Alif - David Chalik
Ibu Alif - Lulu Tobing
Sarah - Eriska Rein

Kesimpulan:
Beban dari sebuah film yang diangkat dari buku (apalagi jika bukunya fenomenal) adalah filmnya harus sedekat mungkin dengan ekspektasi pembaca, jadi jika ada beberapa bagian yang tidak sesuai dengan ekspektasi karena terlalu mengagumi bukunya, wajar saja. Tiga dari lima bintang, saya rasa cukup.

Untuk melihat trailernya, bisa klik di sini.


TAGS Negeri 5 Menara


-

Author

Follow Me